Cyclebandidos,Cerita Unik di Balik Komunitas Fixie Jogja

Selasa, 10 April 20120 komentar

Sepeda fixed-gear  selama ini dikenal dengan nama sepeda fixie. Padahal menurut penuturan mas Herbudi Tri Prasetya dari Cyclebandidos, nama ‘fixie’ itu ejekan dari orang-orang karena warna sepeda fixed-gear yang bermacam-macam dan eyechating yang menjadikannya terkesan girly. Apa itu Cyclebandidos? Berikut penuturan dari mas Herbudi Tri Prasetya, salah satu pendirinya.

• Bagaimana awal berdirinya?
Cyclebandidos itu awalnya dari temen-temen komunitas graffiti. Suatu saat ketika nggambar dijalan ditangkepin petugas dan motore dibawa petugas. Nah dari situ temen-temen grafiti berpikir bagaimana agar bisa tetep nggambar tanpa takut motornya diambil petugas. Munculah ide untuk menggunakan sepeda. Lalu broswing sepeda apa yang kira-kira cocok digunakan, ketemulah dengan sepeda fixed-gear, sepeda balap lama yang di recycle ulang. Dan ternyata banyak streert art  diluar negeri yang memakai sepeda fixed-gear ini. Kumpul 1-2 orang trus lama –lama semakin banyak, trus dibikinlah cyclebandidos ini.

• Kapan berdirinya?
Sekitar pertengahan bulan Ramadhan tahun 2010. Tepatnya tanggal berapa lupa, yang pasti pada pertengahan puasa itu kami mulai spare-part buat sepeda fixed-gear ini.

Ada filsofi dibalik nama cyclebandidos?
Kalau filosofi sih enggak ada, ya cuma untuk gagah-gagahan saja.

Kegiatannya apa saja?
Awalnya dulu Cuma nongkrong-nongkrong saja, trus juga propaganda biar banyak yang memakai sepeda fixed-gear, nggambar dijalan tentang sepeda fixed-gear, dan kalau lagi nongkrong, kita biasanya bikin lomba-lomba yang kita patungan buat membeli hadiahnya. Terakhir kita bikin lomba d JEC.

Nongkrongnya kapan dan dimana?
Kita ngumpulnya  tiap hari Jum’at malam jam 10. Dulu di Wijilan, trus pindah ke Progo lama. Yang lorong Progo lama itu kan sepi, nah kita bikin lomba, kenalan ama anak baru, ataupun ngbrolin spare-part ya disitu.

Hambatan di komunitas?
Karena orangnya banyak dan berbeda-beda kegiatannya jadinya kalau mau rapat untuk bikin event susah ngumpulnya. Tapi kalau untuk komunikasi tetep lancar.

Gimana kalau mau bergabung?
Bisa langsung menghubungi saya (@paws37) atau di twitternya cyclebandidos (@bandidosYK)

Event atau lomba apa saja yang pernah diikuti?
Pernah ikut fix fest di Jakarta, lomba di Surabaya, Bandung dan Salatiga. Tapi kita nggak mendelegasikan anggota buat ikutan, lebih ke personalnya, kalau pengen berangkat ya berangkat.

Bagaimana pendapatnya tentang jalur sepeda di Jogja?
Jalur sepeda di Jogja sudah bagus, istilahnya diuwongke lah, tapi namanya juga public sphare jadinya kadang ada mobil parkir disitu. Trus juga kalo dibangjo (traffic light-red) ruang tunggu sepedanya malah dipakai sepeda motor. Akan lebih baik  lagi kalau adanya kesadaran masyarakat tentang hal ini.

• Fasilitas apa saja yang perlu disediakan Pemerintah untuk pengguna sepeda?
Yang jelas parkir yang aman. Bener sih sekarang sudah diberi parkir sepeda dibeberapa tempat dan juga pesepeda harus membekali diri dengan gembok sepeda dan sebagainya, tapi kalau bisa ditingkatkan lagi.

• Harapan kedepannya?
Bikin event yang lumayan gede, bisa menyatukan teman-teman sepeda fixed-gear di jogja maupu dari teman-teman sepeda  fixed-gear di luar kota.
Kontributor : Muhhamad Tibyan


Cyclebandidos Timeline



Share this article :
 
Support : BIKE TO WORK | Jogja Last Friday Ride | Bayuhape
Copyright © 2014. INFO FUN BIKE JOGJA - All Rights Reserved
Template Edited by @Bayuhape Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger